Breaking

Kamis, 20 Juni 2019

Motor Modifikasi antara creativity dan safety

(Dok Pribadi - Motor Ban Belakang dimodif lebih kecil, berbahaya)
Motor modifikasi antara creativity dan safety. Pada dasarnya semua kendaraan baik motor, mobil, kereta, kapal laut, pesawat bahkan kendaraan perang sekalipun sudah didesain sedemikian rupa sehingga sudah mencakup dan punya nilai keselamatan buat driver/pengemudi dan penumpang. Sebagai contoh, setiap mobil sudah dirancang dengan tingkat keselamatan yang mumpuni sesuai dengan kelasnya masing masing. Meski demikian, setiap kendaraan (semua jenis moda transportasi) masih juga ada yang punya kelemahan. Mobil sport dengan tingkat safety yang luar biasa. Tapi ketika dalam kecepatan yang sangat tinggi di sirkuit, kadangkala masih terjadi kecelakaan. Mobil keluarga yang punya tingkat kenyaman yang tinggi sekalipun, tidak pernah lepas dari kelemahan. Mobil keluarga yang bodynya menjulang tinggi, sangatlah nyaman karena penumpang bisa bergerak leluasa dan longgar. Meski demikian tetap saja mobil keluarga jenis ini punya kelemahan, karena postur body mobil yang tinggi akan mudah oleng ketika belok dengan kecepatan tinggi. Motor juga demikian, body dan penampilan motor yang sangat bagus dengan mesin yang juga sangat bagus di kelasnya, tapi begitu dipakai dalam kecepatan tinggi dan berhenti atau ada pengereman yg sangat mendadak, maka roda belakang motor bisa terbanting. Jadi begitulah kondisi kendaraan kita masing masing.

Jadi, apakah motor atau kendaraan yang dimodifikasi itu berbahaya????? Tentu saja harus dilihat dulu sejauh mana modifikasi dilakukan. Kalau modifikasinya di sekitar tampilan warna di body kendaraan tentu saja tidak terlalu berbahaya. Tapi kalau modifikasinya mengubah warna lampu sein menjadi putih atau biru atau warna lain, tentu saja bisa sangat berbahaya. Karena warna lampu itu sudah memperhitungkan berbagai kondisi. Misalnya warna kuning pada lampu sein itu sudah memperhitungkan kondisi hujan, dan juga kabut. Hanya warna kuning yang bisa menembus kabut. Jadi kalau diubah dengan warna yang lain, tentu sangat berbahaya ketika kabut atau asap atau hujan turun. Bisa saja kendaraan anda tidak terlihat oleh pengguna jalan yang lain, meskipun sudah menyalakan lampu karena warna sinar lampu tidak seperti yang diharapkan. Untuk modif warna lampu, dulu di beberapa tahun yang lalu ngetrend warna kaca lampu sein motor diganti putih. Tentu saja ini bermasalah seandainya bola lampunya juga warnanya putih. Tapi itu sudah diantisipasi oleh pabrika, sehingga pabrikan memproduksi bola lampu warna kuning. Dengan demikian warna yang dihasilkan dari lampu sein motor tetap berwarna kuning. Artinya, motor modifikasi antara creativity dan safety sama sama berjalan seimbang. Tapi ada juga modifikasi motor yang sangat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Misalnya, mengganti ban dengan ukuran ban yang sangat jauh lebih kecil dibandingkan yang semestinya. Ini modiifikasi berdasarkan seleera saja, tidak mempertimbangkan aspek aspek keselamatan. Sekarang ini banyak sekali motor modif yang tidak memepertimbangkan aspek keselamatan. Kalau melihat kondis di jalan raya, banyak sekali motor sport di modifikasi dengan mengganti ban yang lebih kecil. Sehingga muncul joke “ini ban motor sport atau ban sepeda pancal hehehe”. Dan ini sangat berbahaya, karena ban dengan tapak ban yang lebih sempit dan lebih kecil jika terkena kerikil bisa terpereset dan terbanting. Apalagi beban/berat  motornya sendiri sudah cukup besar. Karena itu, memodifikasi kendaraan bermotor/motor atau mobil disarankan bertanya atau berkonsultasi dengan para pakar atau yang mengetahui tentang mekanika atau cara kerja kendaraan bermotor (mekanik yang kredible). Secara umum di masyarakat kita ada dua golongan atau kelompok besar para modifikasi kendaraan bermotor. Pertama adalah para modifikator yang tahu tata cara kerja mekanis kendaraan. Sehingga hasil modifikasinya tetap mempertimbangkan aspek safety. Yang kedua, adalah para modifikator yang hanya menuruti selera saja tanpa mempertimbangkan aspek safety atau keselamatan dalam hasil modifikasi kendaraannya. Dan tentu ini sangat berbahaya untuk penggunannya sendiri maupun pengguna jalan lainnya.

Tentu saja ada hal hal positif ketika seseorang melakukan modifikasi terhadap kendaraannya/motor/mobil dengan catatan modifikasi yang sesuai dan mempertimbangkan aspek safety atau keselamatan. Apa saja aspek positif itu. Pertama, punya daya creativitas yang terus terpacu. Karena memodifikasi kendaraan/motor/mobil dituntut untuk terus berpikir untuk mendapatkan sesuatu yang baru. Bagaimanapun juga, modifikasi adalah sesuatu yang baru. Kedua, lebih perhatian lagi pada keselamatan manusia di jalan raya. Karena selain dintuntut berpikir sesuatu yang baru juga tetap dituntut untuk mempertimbangkan aspek “SAFETY/KESELAMATAN” dalam membuat modifikasi yang baru di sebuah kendaraan. Mereka yang hanya memikirkan aspek modifikasi yang tampak saja, tanpa mempertimbangkan aspek safety atau keselamatan, bukanlah seorang yang “Real Modifikator”. Ketiga, lebih banyak bersosialisasi dengan berbagai lapisan masyarakat. Dan diharapkan akan lebih tinggi lagi nilai bilai sosial yang tertanam di dalam hati para modifikator atau para pemilik kendaraan modifikasi. Keempat, bertambahnya terus wawasan dan pengetahuan tentang otomotif. Karena setiap saat mencari model model atau contoh contoh kendaraan yang dimodifikasi. Tetap semangat modifikasi dan safety, karena ini adalah satu kesatuan “Motor modifikasi antara creativity dan safety”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar