(Dok pribadi - tempat menempat dongkrak di body mobil lokasinya ada diantara 2 cekungan)
Cara mengganti ban mobil atau ngeban bagi seorang yang
memiliki mobil atau driver adalah suatu pengetahuan yang memang harus dimiliki.
Karena bagaimanapun juga, selalu ada kemungkinan peluang untuk mengganti mobil
di tengah perjalanan. Nah..kalau pas di tengah perjalanan di tengah tengah
persawahan atau di pinggir hutan ban mobil kita gembos maka secara otomatis
kita sendiri yang harus menggantinya. Mengganti ban mobil sepertinya sepele,
tapi kalau tidak dilakukan denga cermat dan teliti malah bisa menimbulkan
masalah baru lagi. Karena itu, saya akan berbagi pengalaman dan informasi masih
tetang tahapan dalam mengganti ban mobil. Tata cara atau tahapan mengganti ban
mobil ini saya dapatkan dari seorang pemilik bengkel onderstel. Sebut saja
pemilik bengkel onderstel ini mas edy. Mas Edy yang tinggal di Surabaya ini
sudah puluhan tahun berpengalaman di bengkel onderstel. Petunjuk yang diberikan
mas Edy dalam mengganti ban mobil bisa saya literasikan sebagai berikut.
Pertama kali ketika kita mengetahui ban kita mengalami
masalah, (gembos misalnya), maka segera keluar dari badan jalan dengan mencari
tempat yang datar. Kalau terpaksa harus berhenti di badan jalan atau di badan
jalan maka anda harus memasang segitiga pengaman yang jauh dari mobil anda. Semakin
banyak rambu rambu segitiga pengaman (bisa gabungan dengan rambu darurat lainya
dari potongan dahan atau daun atau yang lainnya) akan semakin bagus. Dan
usahakan diletakan sejauh mungkin dari kendaraan anda. Jangan terlalu dekat,
akan sangat berbahaya bagi keselamatan anda dan orang lainnya kalau terlalu
dekat. Bagaimana kalau ada orang yang berkecepatan tinggi, tentu butuh jarak
untuk pengereman. Jadi rambu darurat semakin banyak dan semakin jauh akan
semakin baik. Kedua, sesudah kendaraan terpakir denga baik di tempat yang
datar, maka segera keluarkan kunci pas dan peralatan dongkrak dari mobil anda.
Turunkan ban cadangan dan tempatkan di bawah body mobil di belakang ban yang
akan diganti, kalau ban yang diganti adalah ban depan. Kalau ban yang diganti
adalah ban belakang, maka ban serep atau cadangan letakan dibawa body mobil di
depan ban belakang. Kenapa diletakan denga posisi demikian??? Sebagai antisipasi
kalau tiba tiba dongkrak bermasalah, maka body mobil masih bisa tertahan oleh
ban cadangan kita. Jadi body mobil tidak sampai jatuh atau menempel ke tanah. Cara
menggati ban mobil atau ngeban berikutnya adalah, ganjal ban mobil anda di
depan dan belakang sebagai upaya supaya pada waktu di dongkrak, mobil tidak
bergerak maju atau mundur karena terangkatnya sisi mobil yang lain. Sesudah
itu, longgarkan baut baut ban secara bergantian dengan seimbang. Yaitu baut
atas lanjut bauh bawah, baut samping kanan lanjut baut samping kiri. Lakukan secara
seimbang dan bergantian. Ingat, hanya untuk melonggarkan saja. sesudah itu,
dongkrak dipasang tepat di bagian body bawah mobil di depan ban belakang atau
di belakang ban depan. Di bagian itu itu sudah ada tanda untuk penempatan
dongkrak, karenanya di situ juga sudah ada lapisan baja. Jadi, anda tidak perlu
khawatir mobil anda penyok atau melengkung. Dongkrak mobil anda sampai ban
mobil yang dimaksud dalam posisi menggantung. Lanjutkan dengan melonggarkan dan
melepas baut ban tadi. Sesudah ban terbuka, lepas ban mobil yang gembos. Ambil
ban cadangan yang sudah anda siapkan di dekat anda. Dan jangan lupa, ban yang
gembos tadi tempatkan di tempat band cadangan tadi (sebagai antisipasi kalau
dongkrak bermasalah, ban gembos ini akan menahan body mobil tidak sampai jatuh
menyentuh tanah). Pasanglah ban cadangan dengan tepat dan pasang baut secara
bergantian dengan seimbang, yaitu baut atas - bawah dan baut samping kanan –
samping kiri. Ingat…harus seimbang dan bergantian, supaya tekanan pada baut
bisa merata dan sama. Sesudah terpasang denga baik, turunkan mobil anda dengan
mengurangi dongkrak. Begitu ban mobil sudah menyentuh tanah dengan sempurna,
maka perkuat lagi posisi baut dengan cara yang seimbang tadi.
Begitu ban sudah terpasang
dengan baik dan kuat, jangan lupa masukan ban cadangan ke tempatnya semula
dengan baik. Jangan lupa juga, ambil segitiga pengaman dan rambu rambu darurat
lainnya yang ada di belakang mobil anda tadi. Supaya aktivitas mengganti ban
mobil bisa berjalan dengan baik, maka ada baiknya kalau setiap periode(satu
bulan sekali) kondisi ban cadangan juga harus dikontrol kondisi tekananya. Ini sebagai
upaya antisipasi agar ketika ban cadangan dipakai, kondisi tekanannya masih
cukup baik untuk dipakai. Yang sering dilupakan oleh driver adalah tidak
melakukan pengecekan sama sekali terhadap kondisi tekanan angina ban cadangan.
Akibatnya, begitu dibutuhkan dalam kondisi darurat ternyata kondisi tekanan ban
cadangan sangat minim sehingga tidak bisa dipakai. Tentu ini sangat disesalkan.
Jadi usahakan setiap periode mengontrol juga tekanan ban cadangan mobil anda. Demikian
informasi tata cara mengganti ban mobil atau ngeban.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar