Breaking

Rabu, 26 Juni 2019

Cara Mengganti Ban Mobil atau Ngeban

(Dok pribadi - tempat menempat dongkrak di body mobil lokasinya ada diantara 2 cekungan)
Cara mengganti ban mobil atau ngeban bagi seorang yang memiliki mobil atau driver adalah suatu pengetahuan yang memang harus dimiliki. Karena bagaimanapun juga, selalu ada kemungkinan peluang untuk mengganti mobil di tengah perjalanan. Nah..kalau pas di tengah perjalanan di tengah tengah persawahan atau di pinggir hutan ban mobil kita gembos maka secara otomatis kita sendiri yang harus menggantinya. Mengganti ban mobil sepertinya sepele, tapi kalau tidak dilakukan denga cermat dan teliti malah bisa menimbulkan masalah baru lagi. Karena itu, saya akan berbagi pengalaman dan informasi masih tetang tahapan dalam mengganti ban mobil. Tata cara atau tahapan mengganti ban mobil ini saya dapatkan dari seorang pemilik bengkel onderstel. Sebut saja pemilik bengkel onderstel ini mas edy. Mas Edy yang tinggal di Surabaya ini sudah puluhan tahun berpengalaman di bengkel onderstel. Petunjuk yang diberikan mas Edy dalam mengganti ban mobil bisa saya literasikan sebagai berikut.

Pertama kali ketika kita mengetahui ban kita mengalami masalah, (gembos misalnya), maka segera keluar dari badan jalan dengan mencari tempat yang datar. Kalau terpaksa harus berhenti di badan jalan atau di badan jalan maka anda harus memasang segitiga pengaman yang jauh dari mobil anda. Semakin banyak rambu rambu segitiga pengaman (bisa gabungan dengan rambu darurat lainya dari potongan dahan atau daun atau yang lainnya) akan semakin bagus. Dan usahakan diletakan sejauh mungkin dari kendaraan anda. Jangan terlalu dekat, akan sangat berbahaya bagi keselamatan anda dan orang lainnya kalau terlalu dekat. Bagaimana kalau ada orang yang berkecepatan tinggi, tentu butuh jarak untuk pengereman. Jadi rambu darurat semakin banyak dan semakin jauh akan semakin baik. Kedua, sesudah kendaraan terpakir denga baik di tempat yang datar, maka segera keluarkan kunci pas dan peralatan dongkrak dari mobil anda. Turunkan ban cadangan dan tempatkan di bawah body mobil di belakang ban yang akan diganti, kalau ban yang diganti adalah ban depan. Kalau ban yang diganti adalah ban belakang, maka ban serep atau cadangan letakan dibawa body mobil di depan ban belakang. Kenapa diletakan denga posisi demikian??? Sebagai antisipasi kalau tiba tiba dongkrak bermasalah, maka body mobil masih bisa tertahan oleh ban cadangan kita. Jadi body mobil tidak sampai jatuh atau menempel ke tanah. Cara menggati ban mobil atau ngeban berikutnya adalah, ganjal ban mobil anda di depan dan belakang sebagai upaya supaya pada waktu di dongkrak, mobil tidak bergerak maju atau mundur karena terangkatnya sisi mobil yang lain. Sesudah itu, longgarkan baut baut ban secara bergantian dengan seimbang. Yaitu baut atas lanjut bauh bawah, baut samping kanan lanjut baut samping kiri. Lakukan secara seimbang dan bergantian. Ingat, hanya untuk melonggarkan saja. sesudah itu, dongkrak dipasang tepat di bagian body bawah mobil di depan ban belakang atau di belakang ban depan. Di bagian itu itu sudah ada tanda untuk penempatan dongkrak, karenanya di situ juga sudah ada lapisan baja. Jadi, anda tidak perlu khawatir mobil anda penyok atau melengkung. Dongkrak mobil anda sampai ban mobil yang dimaksud dalam posisi menggantung. Lanjutkan dengan melonggarkan dan melepas baut ban tadi. Sesudah ban terbuka, lepas ban mobil yang gembos. Ambil ban cadangan yang sudah anda siapkan di dekat anda. Dan jangan lupa, ban yang gembos tadi tempatkan di tempat band cadangan tadi (sebagai antisipasi kalau dongkrak bermasalah, ban gembos ini akan menahan body mobil tidak sampai jatuh menyentuh tanah). Pasanglah ban cadangan dengan tepat dan pasang baut secara bergantian dengan seimbang, yaitu baut atas - bawah dan baut samping kanan – samping kiri. Ingat…harus seimbang dan bergantian, supaya tekanan pada baut bisa merata dan sama. Sesudah terpasang denga baik, turunkan mobil anda dengan mengurangi dongkrak. Begitu ban mobil sudah menyentuh tanah dengan sempurna, maka perkuat lagi posisi baut dengan cara yang seimbang tadi.

Begitu ban sudah terpasang dengan baik dan kuat, jangan lupa masukan ban cadangan ke tempatnya semula dengan baik. Jangan lupa juga, ambil segitiga pengaman dan rambu rambu darurat lainnya yang ada di belakang mobil anda tadi. Supaya aktivitas mengganti ban mobil bisa berjalan dengan baik, maka ada baiknya kalau setiap periode(satu bulan sekali) kondisi ban cadangan juga harus dikontrol kondisi tekananya. Ini sebagai upaya antisipasi agar ketika ban cadangan dipakai, kondisi tekanannya masih cukup baik untuk dipakai. Yang sering dilupakan oleh driver adalah tidak melakukan pengecekan sama sekali terhadap kondisi tekanan angina ban cadangan. Akibatnya, begitu dibutuhkan dalam kondisi darurat ternyata kondisi tekanan ban cadangan sangat minim sehingga tidak bisa dipakai. Tentu ini sangat disesalkan. Jadi usahakan setiap periode mengontrol juga tekanan ban cadangan mobil anda. Demikian informasi tata cara mengganti ban mobil atau ngeban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar