(Dok Pribadi - Mobil Matic)
Cara berhenti di tanjakan mobil manual dan mobil matic
memang agak sedikit berbeda, tapi sebenarnya prinsipnya sama. Meski demikian,
berhenti di tanjakan memang butuh kecekatan tersendiri dan juga latihan. Karena
itu, kalau anda ikut test drive mencari sim A bagi pemula maka anda akan ditest
di jalan tanjakan buatan, kemudian di tengah tengah tanjakan anda diminta untuk
berhenti. Biasanya ada yang diminta berhenti dengan tanpa menggunakan rem dan
hand rem (yaitu dengan kombinasi pedal gas dan kopling), ada juga yang diminta
dengan menggunakan hand rem. Ini untuk yang mobil manual. Sementara yang mobil
matic, hanya ada satu pilihan yaitu dengan menggunakan hand rem. Kali pertama
berhenti di tanjakan, biasanya bagi driver pemula memang agak sulit, apalagi
kalau dibarengi dengan rasa panic duluan. Kepanikan ini akan membuat gerakan
anda untuk mengkombinasikan pedal gas, kopling, rem dan hand rem juga akan
terganggu. Akibatnya, pengereman di tanjakan tidak terjadi dengan baik, bahkan
mobil bisa mundur. Karena itu, bagi anda yang belum pernah berhenti di
tanjakan, ada baiknya berlatih beberapa kali. Caranya, cari tanjakan yang tidak
terlalu curam tapi bisa membuat mundur mobil jika tidak di hand rem(tapi jangan
di jalan raya, bisa bahaya). Nah kemudian silahkan anda coba dengan berbagai
tekhnik yang nanti akan kita bahas. Dalam artikel kali ini, akan kita bahas
semuanya. Baik yang menggunakan mobil manual maupun mobil matic. Tentu masing
masing jenis mobil punya kelebihan sendiri sendiri.
Mobil manual berhenti di tanjakan. Pertama kita bahas
terlebih dahulu, bagaimana cara kita menghentikan mobil manual di tanjakan. Pertama ketika mobil anda sedang
menanjak jangan terlalu dekat dengan mobil depanya, dan ketika harus berhenti
karena macet, maka kaki kanan mulai kuranagi gas dan segera pindah ke pedal rem
(tekan rem paling dalam) sambil kaki kiri menekan kopling dalam dalam. Segera
susul dengan memasang hand rem. Selanjutnya (kopling tetap diinjak dalam dalam
dan gigi pada posisi 1 stand by kalau sewaktu waktu jalan lagi). Kedua kalau mobil akan berjalan, gigi
stand by posisi 1, kemudian kaki kanan pindah dari rem ke pedal gas. Sekarang injak pelan pelan pedal gas bersamaan dengan pelan
pelan melepas hand rem dan pelan pelan lepas kopling supaya mesin mobil tidak
mati tiba tiba(karena itu anda harus paham posisi kopling mobil yang anda
kendarai. Sehingga mobil bisa bergerak perlahan lahan tanpa ada hentakan.
Selain menggunakan hand rem, beberapa driver juga menggunakan kombinasi
gabungan antara pedal gas dan pedal kopling. Meski bisa dipakai banyak yang
menyarankan untuk tidak menggunakan cara ini, karena akan memakan kampas
kopling bahkan bisa jeblos. Caranya, Yaitu ketika di tanjakan dan berhenti anda
bisa memainkan kopling setengah dan gas setengah. Posisi putaran mesin yang
setengah ini bisa menahan posisi kendaraan tidak turun tapi juga kendaraan
tidak bergerak maju. Tapi ini butuh ketrampilan penggunaan pedal gas dan pedal
kopling yang tepat. Kalau salah kombinasinya, maka mobil bisa mundur atau
turun. Sekali lagi, meski cara ini bisa, tapi saya tidak menyarankan anda pakai
cara ini. Demikian cara berhenti di tanjakan mobil manual, dan mobil matic akan
segara saya bahas. Karena itu, yang akan segara saya bahas berikutnya adalah
cara berhenti di tanjakan untuk mobil matic. Caranya juga hampir sama. Bedanya ini
tidak pakai kopling. Untuk mobil matic tidak disarankan menahan beban berat
kendaraan yang berhenti di tanjakan dengan memainkan pedal gas. Karena akan
berlawanan dengan system kerja mobil matic dimana ketika pedal gas mobil matic di
tekan maka mobil harus berjalan. Karena kalau pedal gas ditekan tapi mobil
tidak jalan, maka akan memberatkan gearbox. Itu sama halnya dengan pedal gas
mobil matic ditekan tapi pedal rem juga ditekan. Akhirnya gearbox yang kena. Jadi, mobil matic kalau berhenti di tanjakan
hanya ada satu cara. Caranya adalah sebagai berikut. Pertama pada saat di tanjakan macet, maka segera kaki kanan pindah
ke pedal rem dan injak rem dalam dalam dan Tarik Hand Rem. Sudah…mobil anda
berhenti dan segera gigi di posisi N atau netral. Kedua kalau mau berjalan. Maka kaki kana nada di pedal gas siap
siap injak gas. Lepas pelan pelan hand rem, bersamaan dengan injak pedal gas
pelan pelan. Sudah … jalan mobil matic anda.
Itulah cara cara
menghentikan mobil di tanjakan yang curam untuk mobil manual ataupun mobil
matic. Khusus untuk anda yang baru mulai bisa mengendarai mobil, baik mobil
matic maupun sebaiknya anda sering berlatih berhenti di tanjakan supaya
kemampuan anda semakin baik untuk berhenti di tanjakan. Demikian artikel saya
kali ini tentang cara berhenti di tanjakan mobil manual dan mobil matic.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar