Breaking

Rabu, 12 Juni 2019

Cara berhenti di tanjakan mobil manual dan mobil matic

(Dok Pribadi - Mobil Matic)
Cara berhenti di tanjakan mobil manual dan mobil matic memang agak sedikit berbeda, tapi sebenarnya prinsipnya sama. Meski demikian, berhenti di tanjakan memang butuh kecekatan tersendiri dan juga latihan. Karena itu, kalau anda ikut test drive mencari sim A bagi pemula maka anda akan ditest di jalan tanjakan buatan, kemudian di tengah tengah tanjakan anda diminta untuk berhenti. Biasanya ada yang diminta berhenti dengan tanpa menggunakan rem dan hand rem (yaitu dengan kombinasi pedal gas dan kopling), ada juga yang diminta dengan menggunakan hand rem. Ini untuk yang mobil manual. Sementara yang mobil matic, hanya ada satu pilihan yaitu dengan menggunakan hand rem. Kali pertama berhenti di tanjakan, biasanya bagi driver pemula memang agak sulit, apalagi kalau dibarengi dengan rasa panic duluan. Kepanikan ini akan membuat gerakan anda untuk mengkombinasikan pedal gas, kopling, rem dan hand rem juga akan terganggu. Akibatnya, pengereman di tanjakan tidak terjadi dengan baik, bahkan mobil bisa mundur. Karena itu, bagi anda yang belum pernah berhenti di tanjakan, ada baiknya berlatih beberapa kali. Caranya, cari tanjakan yang tidak terlalu curam tapi bisa membuat mundur mobil jika tidak di hand rem(tapi jangan di jalan raya, bisa bahaya). Nah kemudian silahkan anda coba dengan berbagai tekhnik yang nanti akan kita bahas. Dalam artikel kali ini, akan kita bahas semuanya. Baik yang menggunakan mobil manual maupun mobil matic. Tentu masing masing jenis mobil punya kelebihan sendiri sendiri.

Mobil manual berhenti di tanjakan. Pertama kita bahas terlebih dahulu, bagaimana cara kita menghentikan mobil manual di tanjakan. Pertama ketika mobil anda sedang menanjak jangan terlalu dekat dengan mobil depanya, dan ketika harus berhenti karena macet, maka kaki kanan mulai kuranagi gas dan segera pindah ke pedal rem (tekan rem paling dalam) sambil kaki kiri menekan kopling dalam dalam. Segera susul dengan memasang hand rem. Selanjutnya (kopling tetap diinjak dalam dalam dan gigi pada posisi 1 stand by kalau sewaktu waktu jalan lagi). Kedua kalau mobil akan berjalan, gigi stand by posisi 1, kemudian kaki kanan pindah dari rem ke pedal gas. Sekarang injak  pelan pelan pedal gas bersamaan dengan pelan pelan melepas hand rem dan pelan pelan lepas kopling supaya mesin mobil tidak mati tiba tiba(karena itu anda harus paham posisi kopling mobil yang anda kendarai. Sehingga mobil bisa bergerak perlahan lahan tanpa ada   hentakan. Selain menggunakan hand rem, beberapa driver juga menggunakan kombinasi gabungan antara pedal gas dan pedal kopling. Meski bisa dipakai banyak yang menyarankan untuk tidak menggunakan cara ini, karena akan memakan kampas kopling bahkan bisa jeblos. Caranya, Yaitu ketika di tanjakan dan berhenti anda bisa memainkan kopling setengah dan gas setengah. Posisi putaran mesin yang setengah ini bisa menahan posisi kendaraan tidak turun tapi juga kendaraan tidak bergerak maju. Tapi ini butuh ketrampilan penggunaan pedal gas dan pedal kopling yang tepat. Kalau salah kombinasinya, maka mobil bisa mundur atau turun. Sekali lagi, meski cara ini bisa, tapi saya tidak menyarankan anda pakai cara ini. Demikian cara berhenti di tanjakan mobil manual, dan mobil matic akan segara saya bahas. Karena itu, yang akan segara saya bahas berikutnya adalah cara berhenti di tanjakan untuk mobil matic. Caranya juga hampir sama. Bedanya ini tidak pakai kopling. Untuk mobil matic tidak disarankan menahan beban berat kendaraan yang berhenti di tanjakan dengan memainkan pedal gas. Karena akan berlawanan dengan system kerja mobil matic dimana ketika pedal gas mobil matic di tekan maka mobil harus berjalan. Karena kalau pedal gas ditekan tapi mobil tidak jalan, maka akan memberatkan gearbox. Itu sama halnya dengan pedal gas mobil matic ditekan tapi pedal rem juga ditekan. Akhirnya gearbox yang kena.  Jadi, mobil matic kalau berhenti di tanjakan hanya ada satu cara. Caranya adalah sebagai berikut. Pertama pada saat di tanjakan macet, maka segera kaki kanan pindah ke pedal rem dan injak rem dalam dalam dan Tarik Hand Rem. Sudah…mobil anda berhenti dan segera gigi di posisi N atau netral. Kedua kalau mau berjalan. Maka kaki kana nada di pedal gas siap siap injak gas. Lepas pelan pelan hand rem, bersamaan dengan injak pedal gas pelan pelan. Sudah … jalan mobil matic anda.

Itulah cara cara menghentikan mobil di tanjakan yang curam untuk mobil manual ataupun mobil matic. Khusus untuk anda yang baru mulai bisa mengendarai mobil, baik mobil matic maupun sebaiknya anda sering berlatih berhenti di tanjakan supaya kemampuan anda semakin baik untuk berhenti di tanjakan. Demikian artikel saya kali ini tentang cara berhenti di tanjakan mobil manual dan mobil matic.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar